LOCATION | CONTACT | 24 HOUR SERVICE | 081222635535
Tempat Wisata Alam Di Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Alam Di Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Alam Di Malang

Halo sahabat Raja tour Malang, berbicara tentang kota Malang, sudah tidak asing lagi, pasti kota ini dijadikan tujuan wisata oleh wisatawan domestik maupun manca negara. Karena keindahan alam dan kekayaan budayanya yang sangat menawan. Bagi traveler pecinta alam, sudah dimaklumi bahwa Malang Raya adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Kawasan metropolitan ini memang telah dianugerahi bentang alam yang beragam dari dataran tinggi hingga dataran rendah, sehingga sangat kaya pemandangan alam mulai dari pegunungan hingga pantai.Kali ini Admin akan membahas 7 Daftar Tempat Wisata Alam Di Malang yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di kota tujuan wisata setelah Bali, Jogja dan Bandung. Sering kali para wisatawan kurang dalam menggali Infromasi mengenai Lokasi wisata yang akan mereka kunjungi sehingga mereka seringkali banyak membuang waktu liburan mereka, sungguh di sayangkan bukan. maka dari itu dengan senang hati kami akan menyuguhkan kepada anda mengenai Daftar Tempat Wisata Alam Di Malang, Apa saja 7 Daftar Tempat Wisata Alam Di Malang ini? Yuk kita lihat.

 

  1. Coban Rondo             
tempat wisata alam di malang
coban rondo

 

Objek wisata Air Terjun Coban Rondo terletak 12 Km dari Kota Batu, tepatnya berada di desa Pandansari, Kecamatan Pujong, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jalan menuju objek wisata Air Terjun Coban Rondo bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Akses menuju lokasi pun sudah sangat baik, yakni sudah beraspal. Adapun rute menuju objek wisata Air Terjun Coban Rondo :

  • Kendaraan Umum:
    Bagi yang menggunakan angkutan umum, ambil bis jurusan Malang dari Surabaya > Lalu naik angkutan umum dari Terminal Arjosari Malang jurusan Landungsari > Sesampainya di Ladungsari lanjutkan dengan bis tujuan Kediri via Pujon, turun di Patung Sapi yang merupakan pintu gerbang ke Coban Rondo > Dari sana, tersedia ojek yang siap mengantar hingga ke lokasi.
  • Kendaraan Pribadi:
    Jika dari jalan raya arah Batu – Pujon, Malang, setelah melalui tanjakan yang landai dan jalan berkelok-kelok dan terkadang tajam, maka Anda akan sampai di puncak perbukitan. Sebuah papan nama dengan ukuran besar akan memberikan petunjuk untuk belok ke arah kiri keluar dari jalan raya guna menemukan obyek wisata Air Terjun Coban Rondo. 

Tiket masuk

  • Wisatawan domestik: Rp 8.000,-
  • Wisatawan mancanegara: Rp 10.000,-

Kegiatan yang bisa dilakukan di Coban Rondo

  1. Tempat outdoor learning yang mempunyai area camping ground yang luas.
  2. Buat yg gemar berpetualang, trekking ke Cuban Tengah bisa jadi opsi menawan.
  3. Cocok untuk wisata bersama keluarga dan teman selain cukup terjangkau harganya dan juga mudah transportasinya.
  4. Menaiki atau menunggang kendaraan wisata seperti bersepeda gunung, berkuda dan naik kereta kelinci.
  5. Menikmati beberapa wahana yang ada di sekitar air terjun, diantaranya:
    • Fun Tubing dengan biaya sebesar Rp 35.000/orang.
    • Paint ball dengan paket 3 on 3 (6 orang) dengan 150 peluru biaya sebesar Rp 450.000,- dan paket 3 on 3 (6 person) dengan 300 peluru biaya sebesar Rp 750.000,-

Fasilitas di sekitar air terjun Coban Rondo

  1. Hotel atau Penginapan
    Untuk yang mencari tempat penginapan dapat diperoleh di daerah wisata Songgoriti, sekitar 5-8 km dari lokasi Air Terjun Coban Rondo.  Harga penginapan di daerah itu berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 150.000 per malam. Anda juga bisa menginap di pusat wisata kota Batu di sekitar Jatim Park 1 dan Museum Angkut, atau di sekitar Jatim Park 2 dan BNS. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “batu jawa timur”.
  2. Warung makan
    Di dalam area Coban Rondo banyak terdapat warung-warung yang menjajakan makanan dengan harga yang cukup terjangkau. Terdapat beberapa warung yang menjajakan jagung muda bakar yang tentunya dapat menghangatkan dan mengenyangkan. Harga untuk satu jagung bakar adalah Rp 4.000,-.
  3. Toilet Umum
    Di dalam kawasan objek wisata Coban Rondo terdapat beberapa toilet umum.
  4. Tempat Parkir
    Area parkir di objek wisata Coban Rondo cukup luas. Tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp. 2.000,- mobil Rp. 4.000,- dan Rp. 6.000,- untuk roda enam.
  5. Toko Souvenir atau Oleh-oleh
    Bagi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh atau buah tangan untuk orang-orang tercinta, di kawasan lokasi ini juga terdapat beberapa ruko atau toko yang menjual souvenir atau oleh-oleh khas kota Batu dan air terjun Coban Rondo.
  6. Tempat ibadah
    Juga tersedia mushola untuk beribadah bagi umat muslim

 

  1. Pulau sempu
Hasil gambar untuk pulau sempu malang
Hasil gambar untuk pulau sempu malang pulau sempu

 

Pulau sempu terletak di Samudera Hindia sebuah pulau kecil tanpa masyarakat penghuni yang terletak di bagian selatan Kabupaten Malang. Pulau ini termasuk di dalam daftar 7 Daftar Tempat Wisata Alam Di Malang yang difungsikan sebagai cagar alam.Oleh sebab itu warga sekitar sangat menjaga dan merawat akan ekosistem flora dan fauna yang ada di pulau sempu. Pesona keindahan alamnnya yang masih dibilang perawan sangat tepat menjadi salah satu juan kunjungan wisata anda di kota malang.disepanjang lokasi ini tak jarang akan menemui binatang liar misalkan Babi Hutan, Kancil,monyet dan konon katanya juga terdapat Macan Tutul serta bermacam-macam burung terutama Burung Rangkong. Tentunya selain fauna, Keseimbangan ekosistem flora juga diperhatikan di cagar alam ini. Merupakan merupakan sebuah cagar alam yang berada dibawah naungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam provinsi Jawa Timur.

Jalur menuju pulau Sempu

Sebelum menyeberang ke Pulau Sempu, kita wajib melapor dulu ke BKSDA yg ada disana. Setelah mengantongi Surat Ijin dari BKSDA, baru kita menuju pos nelayan yg akan menyeberangkan ke P. Sempu. Tanpa surat ijin, kita tidak akan diseberangkan oleh para nelayan disitu. Perjalanan dari Pantai Sendang Biru ke P. Sempu memakan waktu kurang lebih 15 menit.

  • Jalur timur diperuntukkan bagi para pecinta alam yang menyukai tantangan dan berniat untuk memutari area Pulau Sempu. Setidaknya ada 4 medan yang akan kita temui bila melewati jalur ini, yakni susur hutan, susur rawa, sisir tebing, dan susur pantai. Jalur timur melewati Pantai Waru-Waru – Telaga Lele – Telaga Sat – Pantai Kura-Kura – Pantai Pasir Panjang – Pantai Kembar 1 – Pantai Kembar 2 – Segara Anakan – Teluk Semut.• Jalur barat sudah umum diperuntukkan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan segara anakan. Jalur ini relatif sudah nyaman dan aman untuk dilalui, karena jalur ini seperti buatan manusia yang sudah sering dilewati. Jalur barat melwati Teluk Semut – Segara Anakan – Teluk Semut.

 

  1. Coban Nirwana
Hasil gambar untuk coban nirwana
coban nirwana

 

Coban Nirwana yang unik nan indah, yang lokasi tepatnya berada di Desa Sumberbendo, Kec. Gedangan, Kabupaten Malang. Warga sekitar lokasi menyebutnya Coban Gedangan karena letaknya yang berada di desa gedangan sebagian orang juga menyebutnya dengan nama Coban Mbok Karimah tapi yang populer adalah Coban Nirwana. Karena masih tergolong Wisata baru fasilitas yang berada di Coban Nirwana masih cukup minim, jadi saran untuk anda yang ingin mengunjungi Coban Nirwana membawa bekal dari rumah atau bisa juga membeli diwarung sepanjang perjalanan menuju ke Coban Nirwana.

Harga tiket masuk

Tidak perlu khawatir dengan harga tiket karena untuk menikmati wisata air terjun di coban nirwana ini anda tidak dikenakan biaya seperpun alias gratis, untuk harga parkir karena wisata coban nirwana ini masih tergolong baru sehingga masih belum ada petugas parkir, jadi anda yang membawa kendaraan bermotor silahkan dititipkan dirumah penduduk setempat, barangkali anda yang belum mengetahuinya Wisata Coban Nirwana ini masih berada dibawah pengawasan Dinas Pariwisata Kabupaten Malang.
Sedikit saran untuk pengunjung yang akan mengunjungi Coban Nirwana ini agar selalu menjaga kebersihan lingkungan disekitar lokasi dengan tidak meninggalkan sampah dan juga menjaga bangunan yang berada dilokasi dengan tidak mencoret-coret.

Rute Lokasi Menuju Coban Nirwana

Berada di Desa Sumberbende, Kec. Gedangan, Kab. Malang (Dekat dengan pasar Gedangan) jadi bisa lewat kecamatan Gedangan / Sumbermanjing wetan karena lokasi berada di perbatasan kedua wilayah ini, Jika merasa masih bingung jangan sungkan tanya” warga disekitar daerah lokasi, pasti akan diberi petunjuk arah atau bisa juga menggunakan GPS agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

 

  1. Teluk Bidadari
Hasil gambar untuk teluk bidadari
teluk bidadari

 

Teluk Bidadari merupakan sebuah genangan air laut berbentuk lingkaran dengan warna air biru kehijauan. Letak teluk ini berada satu area dengan Pantai Mbehi. Pantai itu sendiri terdapat di kompleks Pantai Kondang Merak di pesisir Malang Selatan. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Salah satu daya tarik dari teluk bidadari ini yaitu adanya 2 buah kolam renang alami yang berukuran tidak terlalau besar dengan pemandangan karang yang indah yang bisa digunakan untuk sekedar menceburkan diri maupun sekedar bersantai di area kolam tersebut. Semburan air di balik badan karang, desir ombak di antara megahnya bukit-bukit dan suara-suara satwa akan Anda dapatkan di Teluk Bidadari. Selain itu, suasananya yang terbilang sangat tenang, cocok juga bagi Anda yang hobi melakukan yoga. 

Bila Anda ingin ke Teluk Bidadari , Anda bisa langsung ke Pantai Mbehi. Pantai Mbehi persis di sebelah barat Pantai Sugu. Anda akan membutuhkan waktu 30 menit dari Pantai Sugu untuk ke Pantai Mbehi dengan melalui track hutan lindung Bantur dengan jalan setapak. Anda harus benar-benar menyiapkan fisik yang prima, karena perjalanan menuju teluk tersebut sangat menguras tenaga. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan suasana hutan yang masih sangat asri. Baru-baru ini ada peraturan baru, yakni pengunjung harus menggunakan tour guide yang telah disiapkan di lokasi dengan biaya 10.000 rupiah per orang. Tour guide ini akan membantu melakukan tracking ke Teluk Bidadari, karena Anda akan melintasi kawasan hutan yang dihuni bermacam-macam satwa yang dilindungi.

 

  1. Pemandian Kalireco
tempat wisata alam di malang
kali reco malang

 

Terletak di kawasan Kaki Gunung Arjuna. Hal ini membuat pemandian ini belum pernah atau jarang diketahui oleh orang-orang dan juga membuat Pemandian Kalireco masih sangat alami tanpa ada campur tangan manusia. Sebuah sumber yang sangat jernih dan melimpah serta terdapat kolam yang terbuat dari keramik yang berukuran tak terlalu besar membuat kesan berbeda dengan sumber di tempat lainnya. Kedalaman kolam juga tidak terlalu dalam, hanya sekitar 1 meter saja. Terdapat beberapa pancuran air yang tidak terlalu besar dengan tebing yang di tumbuhi lumut menjadikan tempat ini semakin eksotis. Jika berkunjung ke tempat ini membuat siapapun tak akan sabar untuk menceburkan diri di kolam yang sangat jernih ,sejuknya air serta rimbunnya tempat ini karena terdapat beberapa pohon disekeliling kolam dengan background sawah warga membuat perasaan menjadi tenang dan nyaman akan Anda dapatkan disini.

Namun, perlu diperhatikan bahwa pemandian ini hanya dikhususkan untuk laki-laki. Selain itu Kalireco bukanlah merupakan tempat wisata khusus hanya sebuah pemandian dan irigasi. Pada suatu waktu pemandian ini juga dimanfaatkan oleh warga setempat untuk aktivitas sehari-hari. Jadi jangan kaget bila Anda menemukan warga memanfaatkan sumber air ini untuk mencuci dan mandi. Jangan lupa untuk membawa baju ganti minimal sepasang jika Anda ingin mandi. Dan jangan lupa juga membawa bekal untuk Anda karena masih minimnya penjual yang dagangan yang ada disektiar permandian.

Rute, Tiket, dan Fasilitas

Tempat ini berjarak kurang lebih 17 kilometer dari pusat Kota Malang. Untuk menuju ke sini, Anda bisa memilih jalur ke arah Pasar Lawang. Di sana, Anda bisa mengikuti jalan yang ada hingga menemukan Pabrik Otsuka yang ada di seberang jalan. Baru selanjutnya, terdapat patokan berupa bangunan sekolah SMANELA dan diikuti dengan keberadaan pertigaan. Anda bisa belok kiri di pertigaan tersebut hingga masuk ke area Desa Kalirejo. Di sini, Anda tinggal mengikuti jalan berupa jalan paving yang ada.

Untuk mobil tidak bisa masuk sampai di sumbernya karena sempitnya jalan yang hanya berukuran 1,5 meter sehingga bisa di lalui kendaraan roda dua saja. Untuk bisa menikmati kesegaran airnya, Anda tidak dipungut biaya sepser pun, alias gratis. Namun, Anda diperkenankan menyumbang seiklasnya untuk membantu biaya perawatan dan pengembangan obyek wisata ini. Dana sukarela pengunjung ini akan digunakan untuk membangun beberapa fasilitas yang belum memadai.

 

  1. Air Terjun Sumber Pitu

 tempat wisata alam di malang

tempat wisata alam di malang
air terjun sumber pitu

 

Air tejun sumber pitu malang, atau warga sekitar malang sering menyebutnya dengan coban sumber pitu pujon. Adalah sebuah tempat wisata malang yang baru beberapa  bulan terakhir naik daun.  Coban sumber pitu malang sendiri berada di di wilayah hutan milik perhutani kab. Malang.

Coban pitu sendiri ada 2 di kota malang, yaitu coban pitu di wilayah duwet krajan, atau di ujung timur kabupaten malang. dan yang yang kita bahas kali ini adalah coban sumber pitu di wilayah punjon malang yang berada agak kebarat. Jika pengunjung salah rute, harus putar balik dengan estimasi waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Rute Menuju Coban Sumber Pitu

 Air terjun sumber pitu pujon sendiri berada di jalur kota batu, malang – kediri atau masih satu jalur dengan beberapa air terjun yang berada di kota batu malang, yaitu air terjun coban rondo. Memang 2 air terjun ini masih  berada di satu gugus pegunungan yang sama. Secara administratif air terjun atau coban sumber pitu malang ini berada di desa pujon kidul, kecamatan pujon, kabupaten malang Jawatimur. Untuk menuju kesana paling mudah adalah melalui jalur batu – kediri. Rutemenuju ke coban sumber pitu pujon pun cukup mudah. JIka pengunjung berada di kota malang langsung saja menuju ke kota wisata batu. dari kota batu ambil arah menuju ke jalan batu-kediri. lurus saja sampai ketemu pertigaan dengan sebuah patung sapi di pertigaan Ringin Punden lalu belok ke kiri. Dari sana lurus aja menuju ke barat menuju ke dusun pujon kidul.

100 meter dari air terjun, pengunjung masih harus mendaki lagi untuk menuju ke air terjun utama. Diharapkan pengunjung berhati-hati karena kontur tanah yang sangat licin. Disana juga sudah ada beberapa petugas jaga untuk mengawasi pengunjung dan beberapa rambatan terbuat dari bambu untuk sekedar bepegangan pengunjung.  Seperti namanya sumber pitu. air terjun sumber pitu malang ini memang memiliki 7 titik airterjun dalam satu tebing yang cukup tinggi. Uniknya  lagi walaupun musim kemarau air terjun sumber pitu akan tetap ada airnya, hanya saja debit air di air terjunsumber pitu ini akan sedikit berkurang.

 

  1. Pantai Batu Bengkung

tempat wisata alam di malang

tempat wisata alam di malang
pantai batu bekung di malang

Pantai Batu Bengkung adalah pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga ombak disini cenderung besar. Sebenarnya berenang bukanlah aktivitas yang diizinkan di pantai ini, namun tidak selalu begitu. Ada waktu-waktu tertentu dimana Tim SAR akan memberi tahu bahwa pantai sedang aman untuk digunakan bermain air. Umumnya, keadaan angin dan ombak adalah penentu apakah wisatawan diizinkan berenang atau tidak.

Berlibur ke Pantai Batu Bengkung, siapkanlah banyak ketakjuban akan panorama pantai yang lebih utuh. Jelajah adalah aktivitas yang ideal untuk menikmati setiap sudut keindahan yang ditawarkan. Jika berminat, panjatlah tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat untuk mendapatkan spot pantai yang benar-benar menawan. Tenang saja, ditebing tersebut sudah disediakan tali panjang yang sengaja dipersiapkan untuk menyambut petualangan Anda.

Berkemah adalah ide yang bagus. Selain memiliki keunikan tersendiri ketika matahari terbenam (Sunset), Batu Bengkung juga memiliki spot menarik yakni sebuah bukit di barat daya yang ideal untuk menikmati matahari terbit (Sunrise). Jadi, maksimalkan liburan Anda dengan mendirikan tenda dipantai ini.

 Rute, Alamat dan Jam buka

Pantai Batu Bengkung adalah pantai yang kami masukan ke 7 Daftar Tempat Wisata Alam Di Malang yang terletak di jalur lintas selatan, sama halnya dengan Pantai Bajulmati dan Pantai Goa Cina, sehingga rute perjalanannya pun sama. Jika Anda mulai dari Kota Malang, setidaknya terdapat dua rute sebagai berikut :

  • Pertama : Ketika berada di Kota Malang, pembaca bisa mengambil arah ke Turen, belok ke arah selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan diteruskan ke arah Pantai Sendangbiru. Selanjutnya akan ada pertigaan, disana terdapat papan petunjuk jalan, mengambil arah ke kanan menuju Pantai Goa Cina dan Bajulmati. Jarak antara Pantai Bajulmati ke Pantai Batu Bengkung hanya sekitar 3 kilo ke arah barat. Rute ini dipenuhi jalanan berkelok-kelok karena melewati pegunungan, namun jalanan semua sudah beraspal.
  • Kedua : Rute ke Pantai Bajulmati bisa juga dengan menempuh perjalanan ke Pantai Balekambang. Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Bantur atau melalui Malang Kota – Gondanglegi – Bantur. Dari Bantur, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Pantai Balekambang hingga sampai ke perempatan. Belok kiri untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Batu Bengkung. Dari arah barat, pantai ini terletak sebelum pantai Bajulmati. Sejauh pengalaman penulis, rute kedua ini lebih ideal karena akses jalan yang lebih baik sehingga lebih cepat.
Jam Buka Setiap Hari 24 Jam
Alamat Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur

 
Setelah admin tampakan beberapa keindahan melalui 7 Daftar Tempat Wisata Alam Di Malang, jadi kapan mau berlibur ke Malang? yuk segera tentukan tanggal liburanmu bersama kami Raja Tour Malang.

  • M dava 

Tinggalkan Balasan

Close Menu