MALANG JUGA PUNYA CANDI
Malang Juga Punya Candi

MALANG JUGA PUNYA CANDI

Selain memiliki wisata alam yang indah, Kabupaten Malang juga punya memiliki banyak Candi peninggalan Kerajaan Singosari. Konon, Kerajaan Singosari menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Singosari pada zamannya. Peninggalan-peninggalan sejarah dari Kerajaan tersebut tersebar di seluruh Kabupaten Malang dan beberapa sudah ditemukan. Berikut beberapa candi-candi yang telah ditemukan dan dijadikan tempat wisata sejarah:

  1. Candi Kidal

Candi Kidal merupakan Candi Hindu peninggalan Kerajaan Singosari yang konon menjadi tempat bersemayamnya Raja Anusapati. Candi ini terletak di Desa Kidalrejo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

candi kidal
Candi Kidal
  1. Candi Singosari

Candi Singosari merupakan Candi Hindu peninggalan Dinasti Singosari. Candi yang terletak di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi ini seolah terlihat memiliki dua tingkatan di setiap bentuknya dan dipercaya menjadi Candi tertinggi pada zamannya. Oleh karena itu Candi ini sering disebut juga Candi Cangkup.

candi singosari malang
Candi Singosari
  1. Candi Jago

Lokasi Candi ini tidak terlalu jauh darii lokasi Candi KCandi Jago didirikan tidak jauh dari lokasi Candi Kidal. Nama Candi ini diambil dari nama di Desa Jago terletak di Desa Jago, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Candi ini biasa juga dikenal dengan nama Candi Jajanghu yang berarti Keagungan. Kini, kondisi Candi ini sudah tidak lagi mulus seperti dulu lagi dikarenakan efek iklim, cuaca, dan suhu udara.ago juga didapatkan dari kata Jajaghu yang berarti Keagungan. Hingga kini, banyak bagian candi yang sudah tidak semulus dulu.

Candi jago
Candi Jago
  1. Candi Sumberawan

Candi Sumberawan terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Candi ini tidak memiliki satupun relief, hanya stupa utuh yang menjulang ke atas. Jalan menuju Candi ini masih kurang baik untuk perjalanan ke atas,  tersebut tidak memiliki tangga dan relief, hanya berupa stupa utuh yang menjulang ke atas. Makna dari bentuknya yang sedemikian rupa yaitu pencapaian menuju Nirwana.

candi sumberawan
Candi Sumberawan
  1. Candi Selakelir

Candi Selakelir terletak di lereng barat laut Gunung Penanggungan. Candi ini memiliki batu yang menjulang tinggi sebagai makna keluhuran dari Kerajaan, tetapi sayangnya sudah lama tidak terurus dan dipercaya sudah ribuan tahun ditinggalkan.

Candi Selakelir
Candi selakelir
  1. Kompleks Percandian Gunung Arjuna

Gunung Arjuna yang terletak sebelah barat laut Kota Malang tersebut sempat menjadi tempat yang cukup bersejarah. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa candi seperti Candi Bhatara Guru, Candi Kembang, Candi Lepek, Candi Madrin, Candi Wesi, Candi Hyang Semar, Candi Makutarama, Candi Patung Lesung, Candi Rancang Kencana, Candi Rhatawu, Candi Sepilo, Candi Watu Ireng, Candi Laras, Gua Gambir, Indrikilo, dan Satria Manggung.

candi gunung arjuno malang
Candi Gunung Arjuno Malang
  1. Candi Jawar Ombo

Terletak di Desa Mulyosari, Ampelgading, Malang, Candi ini memiliki keunikan tersendiri di bagian lantai candi berupa empat umpak batu yang berlubang di tengahnya dan kaki Candi yang berbentuk pelipit setengah lingkaran dan persegi dengan setiap sisi batu memiliki relief yang menggambarkan teratai dan tapak dara.

Candi Jawar Ombo
Candi Jawar Ombo
  1. Candi Bocok

Candi Bocok menjadi salah satu situs peninggalan yang hampir terlupakan di daerah Malang. Konon, terjadi pencurian arca-arca Candi Bocok yang hingga hanya menyisakan kakinya saja. Warga setempat memercayai bahwa arca yang hilang dicuri telah ditemukan dan disimpan oleh juru kunci Candi Bocok.

Candi Bocok
Candi Bocok
  1. Petirtaan Watugede

Konon, Petirtaan Watugede telah menjadi tempat pemandian Raja dan Putri-putri Raja dari kerajaan Singosari dahulu kala. Tempat pemandian ini terletak di Desa Watu Gede, Singosari, Malang. 

Petirtaan Watugede
Petirtaan Watugede
  1. Candi Ngabab

Desa Ngabab memiliki Candi yang menjadi bangunan peninggalan Dinasti Singosari. Nama Candi tersebut diambil dari nama desa yang menjadi lokasi Candi. Masyarakat luas tidak begitu mengenal Candi Ngabab dikarenakan sangat sedikit informasi yang ditemukan di situs penggalian Candi Ngabab.

candi ngabab
Candi Ngabab

 

 

Leave a Reply